(At Tanwir bab 7b ) Pelajaran /Faidah ke 4 (Ayat 24 surat Al Qoshosh)
At-Tanwir fi-Isqothi at-Tadbir
Syeikh Ibn ‘Atho’illah as-Sakandary ra.
Pelajaran /Faidah ke 4 (Ayat 24 surat Al Qoshosh)
الفائدة الرابعة: تدل الآية على أن الطلب من الله تعالى، لا يناقض مقام العبودية وبعد ذلك طلب من الله، فدل على أن مقام العبودية لا يناقض الطلب. فان قلت: إن كان مقام العبودية لا يناقض الطلب، فكيف لم يطلب إبراهيم خليل الله صلى الله عليه وسلم حين رمي به في المنجنيق وتعرض له جبريل عليه السلام، فقال: ألك حاجة؟ قال: أما إليك فلا، وأما الله فبلى. قال: سله، قال: حسبني من سؤالي، علمه بحالي. فاكتفى بعلم الله تعالى به عن إظهار الطلب منه. فالجواب: أن الأنبياء صلوات الله عليهم يعاملون في كل موطن بما يفهمون عن الحق، أنه اللائق به. ففهم إبراهيم عليه السلام أن المراد به في ذلك الموطن، عدم إظهار الطلب والاكتفاء بالعلم، فكان بما فهمه عن ربه، وكان هذا لأن الحق سبحانه أراد أن يظهر سره، وعنايته به للملأ الأعلى الذين لما قال لهم: {إني جاعل في الأرض خليفة، قالوا: أتجعل فيها من يفسد فيها ويسفك الدماء، ونحن نسبح بحمدك ونقدس لك؟ قال: أني اعلم ما لا تعلمون}. فأراد الحق تعالى، أن يظهر سر قوله: {إني أعلم ما لا تعلمون}. يوم زج بإبراهيم عليه السلام في المنجنيق، كأنه يقول: يا من قال: أتجعل فيها من يفسد فيها، فكيف رأيتم خليلي؟ نظرتهم إلى ما يكون في الأرض من صنع أهل الفساد، كنمرود ومن ضاهاه من أهل الفساد، وما نظرتم إلى ما يكون فيها من أهل الصلاح والرشاد، كما كان من إبراهيم عليه السلام ومن تابعه من أهل الوداد؟ وأما موسى صلوات الله عليه، فانه علم أن مراد الحق تعالى منه في ذلك الوقت إظهار الفاقة، وإبداء المسألة فقام بما يقتضيه وقته، ولكل وجهة هو موليها.فكل على بينة وهداية، وتوفيق من الله ورعاية.
Faidah Keempat, Ayat diatas menunjukkan bahwa meminta kepada Alloh swt. tidak bertentangan / mengurangi maqom penghambaan. maka dari itu Nabi musa meminta kepada Alloh. dan maqom Ubudiyyah tidak berkurang sebab permintaannya kepada Alloh.
Mungkin kau bertanya, “Kalau maqom ubudiyyah tidak berkurang sebab permintaan, kenapa Nabi Ibrohim tidak meminta kepada Alloh swt. ketika ia diikat/ dilemparkan ketempat api, dan ketika jibril bertanya, ‘Apakah kau mempunyai kebutuhan/permintaan?, Ibrohim malah menjawab, ‘ Kepadamu aku tidak butuh apa-apa. hanya kepada Alloh aku butuh/berhajat’. Jibril berkata, “Mintalah kepada-Nya”. Ibrohim menjawab, ‘ Cukuplah bagiku bahwa Dia mengetahui keadaanku ’. Nabi Ibrohim merasa cukup dengan pengetahuan Alloh tentangnya sehingga ia tidak meminta kepada-Nya.
Jawabnya, Dalam setiap keadaan, para Nabi bersikap sesuai dengan apa yang mereka pahami dari Alloh dan apa yang layak untuk-Nya. Ibrohim as. memahami bahwa yang diinginkan darinya ketika itu adalah tidak memperlihatkan permintaan dan mencukupkan diri dengan pengetahuan-Nya, dan ia bersikap demikian berdasarkan apa yang ia pahami dari Tuhannya. Sebagaimana telah kami jelaskan, Alloh ingin memperlihatkan rahasia berikut pertolongan-Nya kepada para malaikat. Alloh berfirman, “Aku akan menjadikan kholifah dimuka bumi.malaikat berkata, Apakah Engkau hendak menjadikan makhluk yang membuat kerusakan didalamnya dan menumpahkan darah? sementara kami bertasbih memuji-Mu dan mensucikan-Mu. Alloh berfirman, Aku lebih mengetahui apa yang tidak engkau ketahui”.
Melalui sikap Nabi Ibrohim, Alloh memperlihatkan rahasia firman-Nya, “Aku lebih mengetahui apa yang tidak engkau ketahui”. Seolah-olah Alloh berkata, “Wahai yang telah berujar, ‘Apakah Engkau hendak menjadikan makhluk yang berbuat kerusakan didalamnya, bagaimana pendapatmu tentang Nabi-Ku ini”. kalian hanya melihat apa yang dilakukan oleh para perusak, seperti Namrud dan lainnya. kalian tidak melihat orang-orang Sholih yang mendapat petunjuk seperti Ibrohim as. dan para pengikutnya.
Sama seperti sikap Nabi Musa as. ketika memohon kepada Alloh. Ia tahu bahwa yang diinginkan oleh Alloh swt. ketika itu adalah agar ia memperlihatkan permintaan dan ketidak berdayaannya. karena itu ia melakukan sesuai dengan apa yang ia pahami waktu itu. Alloh berfirman, “Setiap umat memiliki kiblat tempat ia menghadap”. Masing-masing berada diatas argumen, petunjuk, taufiq dan pemeliharaan Alloh swt.
Tidak ada komentar: