Ads Top

(At Tanwir bab 7 f) Faidah ke Tiga "Sabar dan sholat"

At-Tanwir fi-Isqothi at-Tadbir
Syeikh Ibn ‘Atho’illah as-Sakandary ra.

وجوب أمر الأهل بالصلاة
Kewajiban Memerintah Keluarga untuk Sholat


الفائدة الثالثة: قوله تعالى: (واصطبر عليها).
فيه إشارة إلى أن الصلاة تكليفاً للنفوس شافا عليها، لأنها تأتي في أوقات ملاذ العباد، وأشغالهم، فنطالبهم بالخروج عن ذلك كله، إلى القيام بين يدي الله تعالى والفراغ عما سوى الله.
ألا ترى أن صلاة الغداة تأتيهم في وقت منامهم، في وقت ألذ ما يكون المنام فيه، فطلب الحق فيهم ترك حظوظهم لحقوقه، ومرادهم لمراده، ولذلك كان في نداء الصبح خاصا به:
(الصلاة خير من النوم) مرتين.
وأما صلاة الظهر: فإنها تأتيهم في وقت قيلولتهم، ورجوعهم، من تعب أسبابهم.
وأما صلاة العصر:فإنها تأتيهم وهم  في متاجرهم وصنائعهم منهمكون وعلى أسباب دنياهم مقبلون.
وأما صلاة المغرب:فإنها تأتي في وقت تناولهم لأغذيتهم وما يقيمون به وجود بنيتهم.
وأما صلاة العشاء:فإنها تأتي وقد كثرت عليهم متاعب الأسباب التي كانوا فيها في بياض نهارهم، فلذلك قال سبحانه:{واصطبر عليها}.
وقال:{حافظوا على الصلوات والصلاة الوسطى}.
وقد قال:{إن الصلاة كانت على المؤمنين كتابا موقوتا}
وقد قال: {وأقيموا الصلاة}.
قال الله تعالى: {واستعينوا بالصبر والصلاة، وإنها لكبيرة إلا على الخاشعين}.
فجعل الصبر والصلاة مقترنين: إشارة إلى أنه محتاج في الصلاة إلى الصبر.
صبر على ملازمة أوقاتها، وصبر على القيام بواجباتها ومسنوناتها وصبر يمنع القلوب فيها من غفلاتها ولذلك قال الله تعالى بعد ذلك: {وإنها لكبيرة إلا على الخاشعين}.
فأفرد الصلاة بالذكر ولم يفرد الصبر به، إذ لو كان كذلك لقال: وانه لكبير، فذلك يدل على ما قلناه.
أو لأن الصبر والصلاة مقترنان متلازمان، فكان أحدهما هو عين الآخر، كما قال في الآية الأخرى:
{والله ورسوله أحق أن يرضه}.
وقال تعالى: {والذين يكنزون الذهب والفضة ولا ينفقونها في سبيل الله}.
وقال تعالى: {وإذا رأوا تجارة أو لهوا انفضوا إليها}. فافهم.

Sabar dan sholat
Faidah ketiga,
 Firman Alloh “Bersabarlah atasnya”. mengisyaratkan bahwa sholat adalah beban yang berat bagi jiwa untuk dilakukan. Sebab kewajiban sholat datang diwaktu-waktu kenikmatan dan kesibukan hamba. Mereka harus meninggalkan semua untuk menghadap Alloh swt.  Sholat shubuh datang diwaktu tidur mereka yang paling nikmat. Alloh menuntut mereka untuk meninggalkan bagian mereka menuju hak Alloh, dan meninggalkan keinginan mereka menuju keinginan Alloh. sehingga dalam adzan shubuh ada panggilan khusus, “Sholat itu lebih baik daripada tidur”. sebanyak dua kali.  Sholat dhuhur datang diwaktu tidur siang mereka dan ketika mereka kelelahan sepulang kerja. Sholat ‘Asar datang ketika waktu mereka sibuk ditempat jualan dan usaha mereka. Sholat maghrib datang diwaktu makan mereka. Dan sholat isya’ datang ketika mereka benar-benar merasa lelah sepulang bekerja disiang hari.
karena beban yang berat itu, Alloh swt. berfirman, “Bersabarlah atasnya”. Dan firman Alloh, “Peliharalah semua sholatmu dan sholat wushtho”. firman Alloh, “Sholat adalah kewajiban yang ditentukan waktunya atas orang yang beriman”. firman Alloh, “Dirikanlah sholat”.  firman Alloh, “Jadikanlah  sabar dan sholat sebagai penolongmu. yang demikian itu sangat berat kecuali bagi orang yang khusyuk”. Dalam ayat yang terakhir Alloh menggandengkan sabar dan sholat sebagai isyarat bahwa sholat membutuhkan kesabaran. Sabar menjaga waktu-waktunya, sabar melaksanakan wajib dan sunahnya, dan sabar untuk supaya hati tidak lalai didalamnya. Karenanya , setelah itu Alloh berfirman, “yang demikian itu sangat berat kecuali bagi orang yang khusyuk”. Kata ganti (dhomir)pada ayat itu merujuk pada sholat, bukan sabar. jika yang dirujuk kata sabar, tentu ayat itu akan berbunyi “Wainnahu lakabiirun”. Atau mungkin redaksinya bisa seperti itu karena antara sabar dan sholat saling berkaitan sehingga yang satu merupakan bagian dari yang lainnya. Sama seperti firman Alloh pada ayat lain, “Alloh dan rosul-Nya yang layak untuk mereka cari ridho-Nya”. dan Firman-Nya, “Orang-orang yang menyimpan emas dan perak serta tidak menafkahkannya dijalan Alloh”. dan Firman-Nya, “Apabila mereka melihat perniagaan atau permainan, mereka bubar untuk menuju kepadanya”. maka fahamilah!.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.